Seminar Pengembangan Sistem Dan Pengelolaan Data Budpar

 
Pangkalpinang – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada hari Selasa 15/12/2015 bertempat di Puncak Hotel, Pangkalpinang, menyelenggarakan seminar pengembangan system dan pengelolaan data informasi sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Pengembangan Sistem dan Workshop Pengembangan Sistem dan Pengelolaan Data dan Informasi Kebudayaan dan Pariwisata 2015.
 
Kegiatan dibuka oleh Kadisbudpar Babel, K.A. Tajuddin, SH, dan diikuti oleh perwakilan SKPD Kebudayaan dan pariwisata di 7 Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta stakeholder yang terkait.Dalam sambutannya, Kadisbudpar menyampaikan bahwa data berperan penting dalam pengambilan keputusan dalam pemerintahan. Kelemahan selama ini adalah bahwa data yang ada banyak yang tidak mutakhir dan proses pemutakhirannya berlangsung lambat.
 
Narasumber Kegiatan seminar, DR. Ir. Wendi Usino, M.Sc.
 
Sebagai narasumber dalam kegiatan seminar tersebut  adalah Mas Oudi Jakaria dari Indo Global Network dan Bapak DR Ir. Wendi Usino, M.Sc., Deputi Rektor Universitas Budi Luhur, Jakarta, yang juga adalah putra kelahiran Belinyu. DR. Usino menyampaikan bahwa keterbukaan informasi public adalah keharusan yang harus dipenuhi instansi pemerintah. Sistem informasi dapat menjadi salah satu alat akuntabilitas tersebut. Dalam sector bisnis, ternyata bisnis yang berada dibawah lini bisnis pariwisata, seperti hotel dan penerbangan, adalah pemanfaat terbesar system informasi daring.
 
Kegiatan seminar dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan pemanfaatan system informasi berbasis web yang dibangun oleh Disbudpar Provinsi bekerja sama dengan PT Infotech UBL, yang nantinya akan diisi dengan data kebudayaan dan pariwisata oleh SKPD terkait di kabupaten/Kota dan diterbitkan secara daring (online) pada web untuk di akses oleh publik.
 
Sumber: 
Disbudpar Babel