Sonia Bawa Bangka Belitung Mendunia

Pangkalpinang – “Dari Kampung untuk Dunia” merupakan tagline yang tepat dalam rangka kepulangan Sonia Fergina Citra mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam meraih Juara 1 Puteri Indonesia 2018 dan Puteri Indonesia Intelegensia.

Demikian dikatakan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman saat memberikan sambutan pada acara ramah tamah “Sonia Pulang Kampung ke Bangka Belitung”, di Gedung Graha Timah, Pangkalpinang, Senin (19/3/2018).

Menurut Erzaldi, Sonia akan banyak memperkenalkan berbagai potensi Indonesia, khususnya Bangka Belitung pada kontes kecantikan tingkat dunia, yakni Miss Universe 2018.

“Nantinya akan ada berbagai potensi unggulan Bangka Belitung, serta Indonesia pada umumnya yang akan dibawa dan diperkenalkan oleh Sonia kepada dunia. Maka tagline “Dari Kampung untuk Dunia” sangat tepat dengan moment ini, kata Erzaldi.

Untuk prestasi yang mengharumkan nama Bangka Belitung ini, Erzaldi beserta jajarannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas segala usaha dan kerja keras yang mengantarkan Sonia menjadi Puteri Indonesia 2018.

Pada kesempatan yang sama, Sonia juga turut menghaturkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukungnya.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pemerintah Kabupaten Belitung, masyarakat Bangka Belitung tentunya, dan semua pihak yang tak dapat dapat saya sebutkan satu per satu, sekali lagi terima kasih,” ucap Sonia.

Sonia berharap prestasinya dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi generasi muda Indonesia, khususnya Bangka Belitung.

“Setiap pencapaian atau peraihan melalui sebuah proses. Selama kita menghargai proses situ, maka segala sesuatu yang kita jalani menjadi jauh lebih berarti. Saya berharap prestasi yang saya peroleh ini dapat memotivasi dan menginspirasi generasi muda, khususnya Bangka Belitung untuk ikut berkarya dan berkontribusi bagi daerah dan negaranya,” kata Sonia.

Usai sambutan, acara ramah tamah dilanjutkan dengan pagelaran busana tenun Cual dari berbagai pengrajin yang dibawakan sejumlah Bujang Dayang Bangka Belitung. Beragam motif Cual yang ditampilkan, diantaranya motif Ketuyut/Kantung Semar, Demahen, Daun Simpur, dan lain sebagainya.

Pada akhir pagelaran busana, Sonia hadir mengenakan busana tenun cual nuansa merah marun. Melati Erzaldi juga mengalungkan kain tenun Cual berwarna senada dan cindera mata lainnya, serta memberikan petuah singkat bahwa Sonia sebagai seorang Puteri Indonesia 2018 mampu membawa Bangka Belitung mendunia.

“Kami semua mengucapkan terima kasih dan sangat bangga kepada Sonia yang telah mengharumkan nama Bangka Belitung melalui prestasi ini. Semoga Sonia dapat menunaikan tugasnya sebagai Puteri Indonesia, tanpa menghilangkan jati diri dan kearifan lokal daerah asalnya,” tutur Melati.

Usai acara, Sonia beserta rombongan mengunjungi stan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang menampilkan berbagai produk unggulan Bangka Belitung. Turut hadir pada kesempatan ini Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung beserta istri, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung beserta istri, beserta jajaran.

 

Penulis   : Ernawati Arif

Foto        : Rafiq Elzan