Sukses Tahun Lalu, Babel 10K Ganti Nama Babel Run dan Tingkatkan Jumlah Peserta

Pangkalpinang – Sukses penyelenggaraan tahun lalu, kini event sport tourism Babel 10K kembali hadir dengan nama Babel Run. Babel Run 2018 akan diselenggarakan pada Sabtu, 29 September 2018 dengan Start depan kantor Kepolisian Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Polda Babel) dan Finish di Jembatan Emas, Pangkalpinang.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar Babel) melalui Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Arie Primajaya menjelaskan terkait perubahan nama lomba.

“Tahun ini namanya Babel Run. Mudah diingat karena memang singkatan dari daerah kita. Kalau sukses, ini akan menjadi sesuatu yang ikonik dari Bangka Belitung, khususnya untuk sport tourism yang mendukung keberadaan pariwisatanya,” Jelas Arie yang ditemui di ruang kerjanya, di kantor Disbudpar Babel, Selasa (24/7).

Arie juga menjelaskan bahwa dengan tingginya animo masyarakat pada Babel 10K, panitia penyelenggara meningkatkan jumlah peserta Babel Run 2018.

“Tahun lalu animonya sangat tinggi. Ketika jumlah peserta sudah memenuhi quota, masih banyak masyarakat yang ingin mendaftar. Jadi, tahun ini kita tambah jumlah pesertanya menjadi 1.500 peserta, supaya yang tahun kemarin belum bisa ikut, tahun ini bisa ikut,” katanya.

Disamping itu, Arie juga menjelaskan terdapat penambahan kategori pada penyelenggaraan Babel Run 2018.

“Nama lengkapnya kan Babel Run 10K dan Half Marathon. Jadi kategorinya bukan hanya untuk yang 10K, tapi juga ada yang half marathon atau 21K. Kalau 21K, ada 5 posisi juara. Sedangkan untuk 10K ada beberapa kelas, yakni 3 Juara Umum, 3 Juara 25 Tahun Kebawah, 3 Juara 26-31 Tahun, 3 Juara 32-37 Tahun, 3 Juara 38-43, 3 Juara 44-49 Tahun, dan 2 Juara 50 Tahun Keatas” katanya.

Penyelenggaraan event sport tourism dalam skala besar merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Sport tourism skala besar seperti lomba lari, penggemarnya sangat banyak di Indonesia. Ketika mereka mengikuti event sport tourism ini di daerah kita, mereka juga merupakan wisatawan. Mungkin mereka datang tidak hanya sendiri tapi membawa keluarga atau pun teman dan komunitas,” tutur Arie.

Bagi masyarakat yang ingin ikut dalam Babel Run 2018, caranya sangat mudah karena pendaftaran dibuka secara online di www.babelrun.com. Sehingga, bagi masyarakat yang jauh dari Bangka Belitung, dapat segera mendaftarkan diri, selagi quota masih ada.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan kepada pihak panitia, dapat menghubungi 2 nara hubung, yakni Anugrah Gusta Prima (0853.8208.9911) dan Rafiq Elzan (081995.222223).

Penulis   : Ernawati Arif (Prahum Disbudpar Babel)

Ilustrasi : LariKu.info