Teh Tayu

Bahasa Indonesia/ English
 
Masyarakat keturunan Tionghoa di Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat, memiliki tradisi minum teh yang diproduksi sendiri di wilayah tersebut, tepatnya di Dusun Tayu, Desa Ketap. Di daerah tersebut terdapat tanaman teh yang dibudidaya sebagai tanaman pagar oleh warga setempat. Walaupun umumnya tanaman teh tumbuh di dataran tinggi berhawa sejuk, namun ternyata di dataran rendah seperti di Dusun Tayu juga ada tanaman teh yang bisa tumbuh dengan baik.
 
Tanaman teh yang disebut dengan Teh Tayu tersebut merupakan tanaman yang lebih dari seabad lalu dibawa oleh para pekerja tambang timah dari daratan Cina. Para pekerja tambang tersebut membawa bibit Tanaman Teh Tayu dari tempat asal mereka dalam bentuk biji, yang kemudian dijadikan bibit dan ditanam di daerah dimana mereka ditempatkan. Tidak mengherankan jika di dusun ini, terdapat tanaman teh yang usianya sudah sangat tua, dan konon sudah berusia sekitar seabad.
Bibit Tanaman Teh Tayu
 
Minuman Teh Tayu tidak terlalu kental namun memiliki cita rasa yang kuat, dan dipercaya memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol, gula darah dan darah tinggi. Para penikmat Teh Tayu menyebutkan bahwa teh tersebut memberi kesegaran dan dapat menghilangkan rasa pusing.
 
Tayu Green Tea