Toboali City on Fire Season 2 Bikin Penasaran, Simak Launchingnya TCOF S2

Toboali City on Fire Season 2 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta (26/7)

 

             www.visitbangkabelitung.com – Akhir pekan ini Kota Toboali, Kabupaten Bangka Selatan akan dipadati oleh masyarakat mau pun wisatawan dari luar Pulau Bangka.                            Pasalnya, Toboali City on Fire (TCOF) Season 2 akan dimulai sejak tanggal 27 hingga 30 Juli 2017, tepatnya di Lapangan Bola Laut Nek Aji. Untuk menggaungkan iven ini,                  pihak Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) dan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab                 Basel) melangsungkan Launching kegiatan TCOF S2 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenpar RI, Jakarta, Rabu (26/7/2017) malam.

Sejumlah petinggi terkait yang hadir, seperti Menpar Arief Yahya, Gubernur Babel Erzaldi Rosman, Bupati Basel Justiar Noer, Sekretaris Daerah Pemprov Babel Yan Megawandi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel (Disbudpar Babel) Rivai, dan Kadisparpora Basel Haris Setiawan.

Menpar Arief Yahya memberikan penghargaan pada penyelenggaraan TCOF S2 sebagai sarana yang efektif untuk mempromosikan pariwisata Babel, khususnya Bangka Selatan yang memiliki daya tarik budaya (culture), alam (nature), dan buatan manusia (manmade), serta memperkuat daya saing pada unsur 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas).

“Provinsi Babel memiliki atraksi yang menarik, terutama kulinernya. Begitu pula amenitas, ada puluhan hotel berbintang yang dalam waktu dekat bertambah satu hotel berbintang di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Kelayang, Belitung. Sedangkan untuk aksesibilitas, sebentar lagi Bandara HAS Hanandjoedin, Belitung akan menjadi bandara internasional. Jadi akan ada banyak penerbangan internasional, diantaranya dari Tiongkok sebagai pasar utama,” Kata Menpar.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, percepatan pembangunan KEK Tanjung Kelayang sebagai destinasi prioritas yang akan menjadi “Bali Baru” terus dilakukan terutama pada unsur 3A, diantaranya konektivitas udara (air connectivity) untuk mebuka pasar utama. “Air connectivity, homestay desa wisata, dan go digital menjadi program prioritas atau top 3 program Kemenpar yang dijalankan tahun ini dalam mendukung target 12 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan 260 juta wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air tahun ini dan akan meningkat menjadi 20 juta wisman dan 270 juta wisnus pada tahun 2019 mendatang,” kata Menpar Arief Yahya.

Sementara itu, Gubernur Babel, Erzaldi Rosman mengatakan bahwa penyelenggaraan TCOF S2 tahun 2017 ini merupakan salah satu upaya dalam membangun dan memberikan wajah baru bagi sektor kepariwisataan di Kabupaten Bangka Selatan. “Kami sengaja mengangkat tema Keragaman Etnis dan Budaya pada iven pariwisata ini untuk menegaskan bahwa keragaman etnis dan budaya merupakan perekat bagi kesatuan dan persatuan bangsa, serta merupakan manefestasi dari semangat pluralism, demi terjaganya keharmonisan antar etnis, mengangkat pesona seni dan budaya dalam warna kebhinekaan,” kata Gubernur Babel.

TCOF S2 tidak hanya merupakan salah satu kegiatan besar dalam kalender iven Pemprov Babel tapi juga masuk dalam kalender iven nasional Kemenpar RI. Rencananya seniman asal Caracas, Venezuela,  Estefania Pifano akan ikut ambil bagian dalam Toboali Fashion Carnival. Selain itu, hal yang membuat TCOF S2 akan menjadi semakin menarik adalah akan ada 7 sampai 10 pelaku seni mancanegara dari berbagai negara yang terlibat langsung dalam iven ini.

“Pelaku seni asal Venezuela yang menetap di Solo ini bersama dengan Galih yang juga pelaku seni dari Solo sekaligus dosen seni Unpas Bandung telah datang dan melakukan kunjungan ke beberapa obyek wisata di Basel pada 10-13 Juni 2017 lalu. Itu sebagai persiapan untuk mengikuti TCOF S2 sekaligus melakukan pemotretan sebagai model TCOF S2,” tutur Kadisparpora Basel, Haris Setiawan, Minggu (2/7).

Haris menambahkan, akan ada banyak warna baru yang bisa dinikmati. Tampilannya diset jauh lebih bagus lagi. Bahkan, nantinya ada kolaborasi antara tarian Bangka Selatan dengan mancanegara. “Terbayang kan wow-nya? Ayo datang dan saksikan Toboali City on Fire Season 2,” ungkapnya berpromosi.

Sejumlah agenda yang bisa dinikmati dalam rangka rangkaian TCOF S2, antara lain Bikepacker Tour to Habang, Toboali Photo Competition, Toboali Oriental Mural Festival, Pameran UMKM, Komunitas dan Kuliner, Festival Barongsai, Tari Kreasi Daerah, Zumba Party, Lomba Melukis Tudung Saji, Festival Band, Festival Layang-layang, Toboali Fashion Carnival, Pawai Budaya, Pertunjukan Budaya, Nganggung 1000 Dulang, Touring Yamaha, Toboali Target Shooting Competition, dan Ritual Adat Buang Jong.   

 

Penulis                   : Ernawati Arif

Editor                     : Yuliarsih

Updater                  : Rafiq Elzan

Dokumentasi          : Arie Primajaya

Sumber: 
Disbudpar Prov. Kep. Babel