Vihara Dewi Kwan Im

 
Pulau Belitung tak hanya memiliki wisata alam yang eksotis, ada beberapa situs sejarah dan adat budaya yang sangat menarik untuk di kunjungi. Salah satunya adalah destinasi wisata bernuansa Tionghoa di Pulau Belitung yang bernama Buddhayana Dewi Kwan Im atau yang lebih dikenal dengan nama Vihara Dewi Kwan Im. Terletak di Desa Burungmandi, Kabupaten Belitung Timur, vihara ini merupakan vihara terbesar dan tertua yang ada di Pulau Belitung, dengan luas sekitar 3 Ha. Tempat ini ditemukan pertama kali pada tahun 1747 M, jauh sebelum terjadi migrasi orang Tionghoa ke Pulau Belitung yang di bawa penjajah Belanda sebagai pekerja untuk penambangan timah.
 
Selain sebagai tempat ibadah yang penuh dengan nilai sejarah, vihara yang telah berumur kurang lebih 271 tahun ini juga memiliki latar pemandangan indah di setiap sisinya. Dari sini dapat terlihat Bukit Burung Mandi yang terletak persis di belakang vihara ini dan Pantai Burung Mandi yang berada di sisi  depan vihara. Jika beruntung, wisatawan akan melihat kawanan monyet yang turun dari bukit untuk mencari makanan ke vihara.
 
Untuk memasuki vihara ini, wisatawan harus menaiki anak tangga yang berjumlah sekitar 73 buah. Vihara ini memiliki tiga tempat persembahyangan. Yang pertama, Shimunyo yang berada di dekat anak tangga. Naik lebih ke atas, maka wisatawan akan menjumpai satu lagi tempat sembahyang bernama Sitiyamuni. Beranjak lebih keatas lagi, maka wisatawan akan menjumpai tempat sembahyang yang paling besar di vihara ini yaitu Kwan Im.
 
Di area paling atas dari vihara terdapat patung Dewi Kwan Im berukuran besar dengan halaman yang cukup luas serta panorama alam sekitar yang mempesona sehingga sering dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berfoto ria. Bangunan viharanya yang besar dan terkesan megah dengan unsur Tionghoa yang kental juga sudah dapat dirasakan pada saat memasuki area parkir kendaraan. Biasanya wisatawan juga mengabadikan diri dengan berfoto dihalaman vihara yang luas dengan latar belakang Vihara Dewi Kwan Im secara keseluruhan.
 
Bagi wisatawan yang ingin tahu atau ingin menikmati indahnya pemandangan alam di sini, Vihara Dewi Kwan Im bisa dicapai dengan waktu tempuh 1,5 jam perjalanan dari pusat Bandara H.AS Hanandjoeddin Tanjungpandan. Meski cukup jauh, namun lelah di perjalanan akan terbayarkan ketika sampai disini, karena tempat ini di kelilingi dengan pepohonan sehingga area vihara juga terasa sejuk. Setelah menikmati keindahan pesona vihara dan puas berfoto ria, wisatawan biasanya melanjutkan perjalanan menuju Pantai Burung Mandi yang letaknya tidak jauh dari vihara ini.

Penulis: Jenny Rizal (2017)
Editor: Rusni

Destinasi Lainnya

Bangka Belitung, Culinary
Kota Pangkalpinang, Culture and Arts
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Tengah
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Barat
Heritage, Kabupaten Bangka Barat

Destinasi Terkait

Culture and Arts, Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur
Culture and Arts, Kabupaten Belitung Timur
Culture and Arts, Kabupaten Belitung Timur
Culture and Arts, Special Interest, Kabupaten Belitung Timur
Culture and Arts, Kabupaten Belitung Timur