Wonderful Sail 2 Indonesia Hospitality Menentukan Kunjungan Wisatawan

 

Foto bersama para yachter Wonderful Sail 2 Indonesia di area wisata Parai Beach Resort, Sungailiat, Bangka, Rabu (4/10/2017). 

 

Sungailiat, Bangka – Peran SDM (Sumber Daya Manusia) di suatu obyek wisata dalam rangka menyambut kedatangan wisatawan merupakan salah satu unsur utama dalam pengembangan sektor pariwisata. Hal ini diungkapkan Rivai Kepala Disbudpar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung) saat mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada acara penyambutan para yachter dari iven Wonderful Sail 2 Indonesia (WS2I), di Parai Beach Resort, Sungailiat, Bangka, Rabu (4/10/2017).

“Kesiapan SDM kita dalam menerima kunjungan wisatawan di suatu obyek wisata itu merupakan syarat yang paling mutlak. Hal ini berkaitan dengan attitude atau perilaku yang mereka tampilkan ketika menyambut wisatawan, dimana tentunya wisatawan ini akan merasa nyaman jika diterima dengan keramah-tamahan dan pelayanan yang baik,” kata Rivai.

Selain berwisata, lanjut Rivai, kedatangan para yachter juga memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat di daerah atau tempat yang menjadi titik labuh. Sehingga masyarakat sekitar dapat berkontribusi melalui perannya dan memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya.

“Mereka tidak hanya menikmati keindahan alam, tapi juga akan membelanjakan uangnya baik untuk kuliner, buah tangan, mau pun untuk membeli keperluan mereka selama di kapal. Tentu saja ini akan berdampak kepada masyarakat yang berkenaan langsung dengan keperluan-keperluan tersebut,” tutur Rivai.

Sinergi dari seluruh pihak terkait dalam penyelenggaraan suatu iven sangat dibutuhkan. Terkait sail ini, Rivai mengatakan hal penting yang perlu diperhatikan bagi penyelenggara adalah bagaimana dapat memberikan kesan yang baik kepada para wisatawan, untuk menciptakan kunjungan-kunjungan berikutnya.

“Suatu keharusan bahwa pemerintah daerah atau siapa pun yang menyelenggarakan sail ini, baik yang memfasilitasi atau ikut membantu, supaya lebih memberi kesan yang baik kepada para wisatawan. Selain pihak penyelenggara, tentu saja kita sebagai pemerintah baik kabupaten atau pun provinsi wajib mendukung keberadaan para yachter ini selama berada di daerah kita. Hal ini diupayakan agar mereka merasa nyaman, merasa diperhatikan, dan tidak jera untuk berkunjung ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” kata Rivai.

WS2I adalah acara rally kapal layar dengan menjelajahi pulau-pulau di Indonesia yang telah bertolak dari Opua, New Zealand sejak Juli lalu hingga Oktober, menuju Singapura (Marina Bay). Sail ini merupakan salah satu program promosi dari Kementerian Pariwisata RI yang saat ini sudah berjalan di daerah-daerah lainnya, dan telah menjadi agenda tahunan.

Terdapat ±68 kapal dari sejumlah negara yang ikut serta dalam sail ini, seperti Itali, Prancis, Australia, Filipina, Belanda, Amerika, dan lain-lain. Selain menikmati keindahan kemaritiman yang ada di Nusantara, para yachter juga diajak mengunjungi sejumlah obyek wisata yang ada di Pulau Bangka.

Diakhir sesi wawancaranya, Rivai mengatakan bahwa perlunya dilakukan publikasi yang tepat, dengan cakupan yang lebih luas, sehingga kegiatan sail ini tidak hanya diketahui oleh wisatawan domestik saja, tapi juga wisatawan mancanegara.

 

Penulis            : Ernawati Arif

Editor               : Yuliarsih

Updater           : Rafiq Elzan

Dokumentasi : Rafiq Elzan