Yendri Lolos 15 Besar Liga Dangdut Indonesia

visitbangkabelitung.com – Yendri berhasil lolos masuk 15 besar dalam ajang musik dangdut Liga Dangdut Indonesia (LIDA) melalui Konser Final Top 15, Group 5 Result, langsung dari Studio 5 Indosiar, Daan Mogot, Jakarta Pusat, Jumat (30/3/2018).

Yendri akan kembali tampil pada Konser Final Top15, Group 1, LIDA, Sabtu (31/3) malam, di panggung yang sama. Sementara kontestan yang tereliminasi, yakni Gita asal Nusa Tenggara Barat.

Penilaian dewan dangdut (dewan juri) tidak diberikan berdasarkan hasil polling sms (short message service), melainkan dari potensi yang dimiliki dan aksi panggung yang ditampilkan.

Dengan setelan jas nuansa kecokelatan dan kaca mata, Yendri tampil dengan membawakan lagu “Zubaidah” karya Mansyur S. Usai tampil, Yendri mendapatkan 3 (tiga) standing applause dari dewan dangdut, yakni Inul Daratista, Nassar Sungkar, dan Iyeth Bustami.

Pada malam Konser Final Top 20, Group 5 Show Result, Dewi Perssik selaku dewan dangdut yang memberikan penilaian pertama menilai bahwa penampilan Yendri malam ini sangat mempesona.

“Saya suka sekali penampilan Yendri malam ini, sangat mempesona. Dia ini punya suara yang khas. Cengkok dangdutnya mateng, jadi posisi lagu yang dibawakannya pas,” kata Dewi.

Dewi juga menambahkan bahwa interaksi Yendri terhadap penari juga baik. “Sama penari juga ekspresif dan komunikatif. Mata dan bahasa tubuhnya juga berbicara,” ucap Dewi.

Penilaian serupa juga diberikan Zaskia Gotix yang mengatakan bahwa aksi panggungnya jauh lebih menarik. “Aksi panggung dan ekspresi Yendri malam ini bagus sekali, bahkan lebih bagus dari kemarin,” katanya.

Sementara Iyeth Bustami mengatakan bahwa karakter suara Yendri adalah jenis suara yang ditunggu-tunggu industri musik, khususnya dangdut.

“Ada beberapa catatan, tapi dari semuanya makcik suke sifat suare lirih kamu. Sifat suare macam ini yang mendominasi industri musik, karena sedap didengar,” kata Iyeth dengan logat Melayunya yang kental.

Selain ibunda Yendri, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Hermanto juga hadir bersama Anugerah Gusta Prima perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Hermanto meyakini bahwa keikut sertaan Yendri pada ajang musik dangdut ini akan semakin melambungkan nama Bangka Belitung.

“Kami hadir di sini untuk mendukung Yendri. Pastinya bangga karena ini bukan kali pertamanya Yendri melambungkan nama Bangka Belitung. Dan moment ini juga menjadi kesempatan baik bagi kami untuk mempromosikan pariwisata Bangka Belitung ke seluruh Indonesia,” kata Hermanto.

Pada kesempatan yang sama, Hermanto sempat memperkenalkan kain batik khas Belitung dengan motif Daun Simpor dan Lada, serta oleh-oleh khasnya, yakni kepiting isi.

Selain penilaian dewan dangdut, masyarakat seluruh Indonesia, khususnya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat mendukung Yendri melalui SMS dengan mengetik “LIDA (spasi) YENDRI dan mengirimkannya ke nomor tujuan 97288 (tarif Rp 2.200,-/SMS), atau VOTE YENDRI melalui aplikasi BUKALAPAK secara gratis.

 

Penulis                   : Ernawati Arif (Prahum Disbudpar Babel)

Foto                        : istimewa