Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus DPD PUTRI Babel Erzaldi: Kue Pariwisata Ini Sedikit. Kalau Tidak Kreatif, Kita Akan Tertinggal.

Erzaldi Rosman, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada acara Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus DPD PUTRI Babel, Teras Nusantara, Cintraland, Pangkalpinang, Kamis (3/8/2017).

Citraland, Pangkalpinang – Erzaldi Rosman, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengakui bahwa dirinya makin bertambah energinya dengan dikukuhkan dan dilantiknya Pengurus DPD (Dewan Pimpinan Daerah) PUTRI (Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia) Babel Masa Bhakti 2017-2021, yang menjadi salah satu bagian dari industri pariwisata. Minimal organisasi ini sedikit banyak akan menyumbang demi kemajuan pariwisata Bangka Belitung. 

“Saya ingin mengingatkan, khususnya para pelaku pariwisata, dalam visi dan misi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat mengedepankan pariwisata. Dan peluang ini saya tidak mau setengah-setengah. Walau pun kita masih memiliki berbagai keterbatasan, kita tetap harus semangat, kreatif, dan inovatif. Kue pariwisata ini tidak banyak, sedikit. Siapa yang tidak cerdas, siapa yang tidak berkreasi, dia akan kalah. Khusus Bangka Belitung ini, keberadaan film Laskar Pelangi telah menjadi momen dimana pariwisata berkembang, tapi sayangnya momen ini belum dapat dimanfaatkan dengan optimal,” tutur Erzaldi, di Teras Nusantara, Citraland, Pangkalpinang, Kamis (3/8).

Erzaldi menargetkan GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia) Babel dapat terbentuk sebelum 17 Agustus mendatang, dan pada bulan September GIPI sudah memaparkan paket-paket wisata yang akan dijual, karena akan dipresentasikan kepada Alex Noerdin, Gubernur Sumatera Selatan, untuk dijual kepada para peserta ASEAN Games.

“Ga masalah kita tidak menjadi tuan rumah ASEAN Games, tapi kita dapat menjual paket-paket wisata kepada para peserta ASEAN Games ini untuk datang ke Bangka Belitung. Yang penting paket-paket yang mau ditawarkan sudah siap,” kata Erzaldi.

Untuk mengembangkan pariwisata Bangka Belitung, salah satu cara yang sedang dipersiapkan oleh Gubernur yang sangat concern terhadap kepariwisataan ini adalah dengan menerapkan teknologi scan.

“Setiap orang yang datang ke Bangka Belitung harus scan dan upload sistemnya. Apa pun informasi mengenai Bangka Belitung ada di dalam sistem tersebut. Misal, kalau lapar bisa masuk ke Lalaper, kalau mau pergi kemana masuk ke Lamuter, dan seterusnya. Untuk mendukung sistem ini tentunya dibutuhkan data,” kata Erzaldi.

Selain teknologi scan, sistem card atau penggunaan kartu juga sedang dikembangkan. Sistem kartu ini akan terintegrasi dengan Dinas Pendidikan dan harus digunakan oleh setiap pelaku pariwisata. Kartu yang digunakan harus diperbaharui setiap tahun. Jika tidak, pelaku pariwisata terkait tidak mendapatkan sertifikasi. Hal ini diupayakan agar pelaku pariwisata dapat terpenuhi sesuai dengan standar.

Sementara itu, Djohan Riduan Hasan selaku Dewan Pembina DPD PUTRI Babel menyampaikan rasa bahagianya untuk mengambil bagian dari perjalanan sekaligus tonggak awal keseriusan Bangka Belitung dalam memajukan kepariwisataan Bangka Belitung dibawah kepemimpinan Erzaldi Rosman.

“Kita akui, kepemimpinan Bapak Gubernur Kepulauan Bangka Belitung membawa harapan baru dan harapan besar bagi masyarakat, bahwa pada hari ini dan di masa yang akan datang  pariwisata adalah bagian terpenting dalam pembangunan di Negeri Serumpun Sebalai. Mau tidak mau, setuju atau tidak setuju, suka atau tidak suka, pariwisata adalah modal utama kita dalam meningkatkan banyak hal, termasuk perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” kata Djohan.

Senada dengan hal tersebut, Ketua II DPP PUTRI, Sigit Gunarjo Sawiono mewakili Ketua Umum DPP PUTRI juga mengatakan bahwa pendirian perhimpunan PUTRI sebagai wadah perjuangan kepentingan bersama dalam usaha pengelolaan, pengembangan, dan pembangunan bidang kepariwisataan, khususnya bidang destinasi pariwisata.

Prosesi Pengukuhan dan pelantikan diawali dengan pembacaan SK oleh Sekretaris Eksekutif DPP PUTRI Tomo Gunawan Wibisono. Sementara pengukuhan, pembacaan naskah, penyerahan piagam dan dokumen dilakukan oleh Ketua II DPP PUTRI Sigit Gunarjo Sawiono.

Dilanjutkan dengan penyerahan bendera Pataka oleh Ketua I DPP PUTRI Johnie sugiarto kepada Gubernur Babel Erzaldi Rosman, dan selanjutnya diserahkan kepada Ketua DPD PUTRI Babel Sansan Arya Lukman. Kemudian Ketua I DPP PUTRI menyematkan pin PUTRI kepada Gubernur Babel. Penyematan ini juga dilakukan oleh Gubernur Babel kepada perwakilan Dewan Pembina dan Dewan Penasehat, diakhiri dengan foto bersama.

Acara pengukuhan dan pelantikan yang dilangsungkan sejak siang hingga sore hari ini diikuti sebagian besar pelaku usaha ekonomi kreatif di Pangkalpinang. Selain itu, juga hadir Anggota DPD RI Bahar Buasan, Anggota DPD RI Herry Ervian Rosman, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel Rivai beserta jajaran.

  

Penulis                   : Ernawati Arif

Editor                     : Yuliarsih

Updater                  : Rafiq Elzan

Dokumentasi          : Rafiq Elzan

Sumber: 
Disbudpar Prov. Kep. Babel