Pangkalpinang Fair Semarakan Hut Ke-259 Kota Pangkalpinang

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

PANGKALPINANG – Pekan Wisata Expo dan Pangkalpinang Fair Tahun 2016 resmi dibuka oleh Wakil Walikota Pangkalpinang, Muhammad Sopian, bertempat  di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang, pada hari Sabtu (24/9/2016). Acara pembukaan ini juga dihadiri oleh Gubernur Babel yang diwakili oleh Kadisbudpar Babel Rivai, Kadisbudparpora Kota Pangkalpinang Akhmad Elvian, beserta jajarannya.

Muhammad Sopian mengatakan, “Persaingan dalam dunia patiwisata kini semakin ketat. Berbagai kendala terkait kerap dialami oleh para pelaku pariwisata. Adanya Pekan Wisata Expo dan Pangkalpinang Fair 2016 ini diharapkan dapat memfasilitasi para pelaku Pariwisata untuk memperkenalkan dan memasarkan produk atau jasanya kepada khalayak.”

Sedangkan Rivai saat menyampaikan sambutan Gubernur, mengatakan “Salah satu konsen pemerintah adalah percepatan pembangunan pariwisata seperti diamanatkan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Saya mengharapkan agar kegiatan seperti ini dapat terus terlaksana secara berkesinambungan. Secara tidak langsung mengajak kita semua untuk bergerak dengan segala kapasitas dan konsekuensi kita, karena kegiatan pameran seperti ini tentunya sangat menguntungkan karena dapat menampilkan potensi dan keunggulan daerah yang selama ini mungkin kurang terekspos."

Selain dalam rangka memeriahkan hari jadi ke – 259 tahun Kota Pangkalpinang, kegiatan ini juga merupakan upaya meningkatkan pemasaran dan promosi pariwisata dan budaya Kota Pangkalpinang. Tidak hanya pameran, kegiatan ini juga diisi dengan pagelaran seni daerah, demo produk wisata, dialog interaktif dan talkshow, aneka lomba, fashion show, parade pakaian pengantin, sosialisasi narkoba, permainan dan kuis, music of stage, hiburan rakyat, serta penampilan artis Yuka Tamada feat Amec Aris (drummer Lyla).

Pameran yang menyediakan 40 stand gratis ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, pemerintah, dan stakeholder, serta dapat dikunjungi masyarakat selama 5 hari, mulai dari 24 September hingga 28 September 2016, di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang.

Pemandangan Tak Biasa pada Pangkalpinang Fair 2016

Ada pemandangan tak biasa disaksikan para pengunjung Pangkalpinang Fair sewaktu  memasuki area pameran. Terdapat beberapa pria berbadan tegap berseragam army looklengkap dengan senjata dan aksesoris lainnya layak tentara. Para pria ini berada di area pameran dan bahkan ikut mendampingi Wakil Walikota, Muhammad Sopian, saat meresmikan pemukaan Pekan Wisata Expo dan Pangkalpinang Fair Tahun 2016.

Persatuan Olahraga Airsoft Seluruh Indonesia (PORGASI) Babel ikut meramaikan kegiatan ini sejak tahun lalu. Beberapa orang anggota PORGASI juga ikut berpartisipasi dengan mengenakan pakaian lapangan lengkap bersenjata serta aksesoris lainnya. Yanu. A dari PORGASI Babel menuturkan bahwa sejak pertama berpartisipasi dalam Pangkalpinang Fair, standnya selalu ramai dikunjungi dikarenakan rasa penasaran dan ketertarikan serta rasa ingin tahu para pengunjung. Selain itu, tidak sedikit pengunjung bahkan anak-anak yang berfoto dengan para anggota komunitas tersebut.

 

Dokumentasi        : Rafiq Elzan

Editor                     : Yuliarsih

Sumber: 

Disbudpar Prov.Bangka Belitung