Sinergi Lintas Sektor Optimalkan Realisasi Program Disbudpar Babel

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Air Itam, Pangkalpinang – Suatu bidang sektor pemerintahan tidak dapat bekerja atau berjalan sendiri, namun harus bersinergi dengan bidang sektor terkait lainnya. Sehingga dapat mengoptimalkan hasil yang diperoleh sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Demikian yang disampaikan Engkus Kuswenda, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) saat membuka acara Rapat Koordinasi Forum SKPD Bagi Pemangku Kepentingan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2017, di Ruang Pertemuan Graha Praja, Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Senin (20/2/2017).

Rakor yang diikuti oleh 38 (tiga puluh delapan) lembaga/instansi kabupaten/kota Se – Provinsi Babel ini berupaya untuk memetakan, mengkoordinasikan, mengsinkronisasikan, dan mensinergikan program dan kegiatan Disbudpar Babel Tahun Anggaran 2018 agar menjadi lebih baik dan terarah.

Sementara itu, Agung Dwi Chandra, Kepala Bidang Sosial Budaya, Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Pengembangan Daerah (BP4D) Babel mengatakan bahwa dibutuhkannya perumusan program kegiatan pemerintah yang menitikberatkan keterlibatan atau partisipasi masyarakat miskin sehingga dapat menghapus garis kemiskinan yang muncul akibat menurunnya daya beli masyarakat.

“Kalau setiap instansi atau badan pemerintah membuat satu saja program kegiatan yang memberdayakan masyarakat miskin, maka pemerintah akan dapat menghilangkan garis kemiskinan yang ada. Karena upaya ini akan meningkatkan produktifitas masyarakat miskin dan menciptakan daya beli,” kata Agung.

Agung menambahkan agar dapat menciptakan tata kelola pemerintahan yang profesional dan transparan, serta bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, dibutuhkan suatu sinergisitas terpadu dan terarah pada tujuan bersama dari berbagai sektor, dan tidak berjalan sendiri-sendiri.

Empat kelompok bidang Disbudpar Babel yang berkoordinasi dengan berbagai instansi/lembaga yang berkaitan dengan pelaksanaan program kegiatan Disbudpar Babel, yakni Pengembangan Kebudayaan; Pemasaran Pariwisata; SDM Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kelembagaan Pariwisata; dan Destinasi Pariwisata.

Firmansyah, Kepala Sub Bagian Perencanaan Disbudpar Babel mengatakan bahwa hasil koordinasi setiap bidang akan direkap untuk  diakomodir dan dimasukkan dalam usulan Disbudpar Babel. “Kalau hasil koordinasi kelompok bidang dengan instansi/lembaga kabupaten/kota sudah tersinkronisasikan dengan baik, maka tinggal kita lihat dukungan apa yang dapat kita berikan kepada instansi/lembaga kabupaten/kota tersebut,” kata Firman saat merekap hasil laporan koordinasi.

 

Penulis                   : Ernawati Arif

Dokumentasi          : Ernawati Arif