DISBUDPAR BABEL KEMBALI MENSERTIFIKASI TENAGA KERJA

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

www.visitbangkabelitung.com – Sebagai upaya meningkatkan kualitas kepariwisataan khususnya pada bidang pelayanan dan food beverage, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) kembali menyelenggarakan kegiatan Sertifikasi Front Office, Food Beverage Services, dan Food Beverage Product di Hotel Grand Mutiara, Pangkalpinang, mulai dari 25 hingga 27 April 2017.

Widyastuti, Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata, Ekraf, dan Kelembagaan mengatakan bahwa sertifikasi ini merupakan bukti kompetensi dari profesi yang digeluti. Sertifikasi ini menjadi sangat penting untuk membekali para pekerja terkait untuk menghadapi persaingan dunia kerja, khususnya dalam industri pariwisata baik pada skala nasional mau pun internasional.

“Sertifikasi ini sangat penting dalam menghadapi persaingan dalam dunia kerja, dan juga sekaligus untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja kita. Mengapa daya saing? Karena saat ini kita sedang berada pada era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN.red). Bisa dibayangkan kalau kita yang di daerah ini, tenaga kerjanya masih belum bersertifikasi. Maka bukan tidak mungkin peluang pekerjaan yang ada di daerah kita juga akan dikuasai oleh tenaga kerja negara lain,” kata Widya saat mewakili Kepala Disbudpar Babel membuka acara, Selasa (25/4).

Arman R. Iskandar selaku Ketua Tim LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) Pariwisata Pusat mengatakan bahwa sertifikasi ini sangat penting bagi tenaga kerja dalam hal keberadaan persaingan bidang pariwisata. Walau pun sudah bekerja dan dianggap profesional, perlu adanya bukti kelayakan sesuai standar profesional yakni melalui sertifikasi kompetensi.

“Sertifikasi merupakan bukti bahwa Anda berkompeten dalam bidang pekerjaan Anda. Assessment ini dilakukan sesuai standar secara profesional. Dan yang penting untuk kami ingatkan, bahwa sertifikasi bukan lah ujian. Jadi tidak ada lulus atau tidak lulus, melainkan kompeten atau belum kompeten,” kata Arman saat memberikan sambutan.

Arman juga menambahkan bahwa Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi yang aktif menyelenggarakan kegiatan sertifikasi, mengingat hal ini sangat penting bagi tenaga kerja. Dengan sertifikat berlogo Burung Garuda yang dikeluarkan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), tentu saja tidak hanya berlaku secara nasional namun juga internasional.

Dalam tiga hari penyelenggaraannya, kegiatan sertifikasi ini akan dipandu dan diawasi langsung oleh pihak LSP Pariwisata Pusat yang juga berperan sebagai narasumber sekaligus assesor. Sebelum kegiatan dimulai, peserta dikelompokkan sesuai dengan jenis profesi masing-masing, yakni Front Office, Food Beverage Services, dan Food Beverage Product.

Penilaian kompetensi mencakup pengetahuan, keahlian, dan tingkah laku. Selain itu, para assesor juga menyampaikan sejumlah peraturan dalam kegiatan. Terdapat 3 assesor pada sertifikasi ini, diantaranya Faisal Riza Amri (Front Office), Herlan Syafii (Food Beverage Services) dan Paryoto (Food Beverage Product).

Para peserta merupakan petugas hotel yang bekerja di bagian Front Office dan Food Beverage (services dan product) dari kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

 

Penulis : Ernawati Arif

Dokumentasi : linkedin.com

Updater : Bambang Oktaria Hartono

Sumber: 

Disbudpar Prov. Kep. Babel