FAM TRIP 2017 CARA CEPAT DAN MUDAH VIRALKAN POTENSI WISATA

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang – Diiringi suasana pantai pada malam hari, para peserta kegiatan Fam Trip 2017 menerima jamuan makan malam dalam rangka welcome dinner di Balitong Resort, Pangkalpinang. Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi yang membuka secara resmi acara penyambutan menilai positif atas penyelenggaraan kegiatan ini, karena melalui Fam Trip dapat mendukung upaya promosi potensi pariwisata di Bangka Belitung. 

“Kegiatan Fam Trip ini merupakan salah satu upaya kita selaku Pemerintah untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi pariwisata yang ada di Bangka Belitung kepada masyarakat luas yakni calon wisatawan baik nusantara mau pun mancanegara. Disini (peserta.red) berasal dari berbagai media, blogger, vlogger, atau yang populer sekarang selebgram yang dapat memviralkan berbagai obyek wisata yang dikunjungi, kepada seluruh dunia,” kata Yan sesaat sebelum jamuan, Selasa (18/4/2017). 

Yan juga mengatakan, dalam pariwisata bukan hanya perihal promosi tetapi bagaimana membuat suatu destinasi yang berkelanjutan. Hal ini sangat penting. Sangat disayangkan kalau kita hanya membuat destinasi tanpa memikirkan dan merencanakan bagaimana destinasi tersebut akan dikelola sedemikian rupa yang mana pengelolaan itu tidak hanya untuk hari ini, atau saat liburan saja, atau ketika ada even tertentu saja. Namun, memiliki daya tarik yang mampu membuat wisatawan selalu ingin kembali ke Bangka Belitung.

Sementara itu, Rivai, Kepala Disbudpar Babel juga mengatakan bahwa kegiatan Fam Trip ini merupakan kesempatan yang berbeda dan pastinya menarik untuk mempromosikan potensi pariwisata Bangka Belitung secara langsung kepada rekan-rekan yang bergelut di bidang media. “Seperti yang kita sadari pada zaman sekarang ini dimana berpromosi melalui media, terutama media sosial telah menjadi cara yang sangat cepat dan mudah. Sehingga materi promosi atau pun pengalaman menjelajah obyek wisata bersama Fam Trip ini akan mudah tersampaikan ke dunia luar dan tidak terbatas. Dapat dibayangkan efeknya bagi pariwisata Bangka Belitung. tentu saja harapan kami, upaya ini dapat menggenjot kunjungan wisatawan baik nusantara mau pun mancanegara, ke Bangka Belitung,” kata Rivai saat diwawancara terpisah.

Sejumlah tujuan wisata yang siap untuk dieksplor hingga 22 April mendatang telah diagendakan, seperti mengunjungi agro wisata, museum, pantai, pulau kecil, aktivitas snorkeling, hutan mangrove, hingga menyaksikan even Sungailiat Triathlon. Mulai dari spot wisata yang ada di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Tengah, hingga Kabupaten Bangka akan menjadi bahan eksplor para peserta yang hampir semuanya memiliki hobi yang sama, yakni nge – blog atau pun nge – vlog, bahkan sebagian besar dari peserta tersebut memiliki jumlah follower yang tinggi pada akun media sosialnya.

Menurut Yulwan selaku Ketua Panitia, para peserta telah dihimpun dalam satu grup Whatsapp (instant messaging. red), jauh sebelum kegiatan dimulai. Hal ini memudahkan berkomunikasi dalam hal teknis atau pun membagikan dokumentasi-dokumentasi menarik terkait tempat-tempat yang akan dikunjungi selama kegiatan berlangsung. Para peserta juga diberi keleluasaan dalam berpakaian agar merasa nyaman selama menjelejah obyek wisata yang dikunjungi.

 

Penulis : Ernawati Arif

Dokumentasi : Rafiq Elzan

Updater : Bambang Oktaria Hartono

Sumber: 

Disbudpar Prov. Kep. Babel