Rivai : Satu Pemahaman Untuk Pariwisata Bangka Belitung

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Pangkalpinang – Harus ada satu pemahaman yang sama dari para pemangku kepentingan terkait yang dibutuhkan dalam pembangunan pariwisata Bangka Belitung dengan arah pariwisata yang berdampak bagi kesejahteraan bagi masyarakat Bangka Belitung itu sendiri. Demikian dikatakan Rivai, Kepala Dnas Kebudayaan dan Parwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) saat membuka acara Sosialisasi Branding Pesona Indonesia di Ren’z Hotel, Pangkalpinang, Jum’at (21/4/2017).

Secara garis besar Rivai menyampaikan bahwa pada tataran nasional mau pun internasional, pariwisata merupakan sektor unggulan. Kepariwisataan Babel ibarat bayi yang masih merangkak. Sehingga dalam pertumbuhan dan perkembangannya, membutuhkan kerja keras dalam satu pemahaman yang sama dari berbagai elemen atau pemangku kepentingan kepariwisataan Babel.

“Dalam pembangunan pariwisata, secara umum ada atraksi, amenitas, dan aksesibilitas yang harus dipersiapkan dengan baik. Selain itu, masih terdapat berbagai unsur dan faktor pendukung yang juga harus secara terintegrasi dipersiapkan, sehingga pariwisata Babel dapat dikatakan siap menyongsong sebagai ‘Bali’ baru,” kata Rivai.

Saat membacakan sambutan Gubernu, Rivai juga menyampaikan bahwa dalam kegiatan Sosialisasi Branding Pesona Indonesia ini akan menghadir Ogilvy, yakni konsultan pariwisata nasional, sehingga harapan yang diinginkan Kementerian Pariwisata RI (Kemenpar) untuk memperkenalkan branding Pesona Indonesia dapat terealisasi di seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

Arie Primajaya, yakni Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Disbudpar Babel mengatakan sosialisasi ini diselenggarakan guna memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi dalam mencitrakan pariwisata Indonesia kepada pemangku kepentingan pariwisata.

“Melalui kegiatan Sosialisasi Branding Pesona Indonesia ini kami harap dapat memberikan pemahaman dan informasi yang benar dan tepat perihal branding Pesona Indonesia atau Wonderful Indonesia untuk mancanegara, kepada seluruh masyarakat, khusunya para pemangku kepentingan pariwisata Babel,” kata Arie.

Selain itu, Arie juga menambahkan bahwa branding sangat lah penting dalam pariwisata, bagaimana kita yang termasuk dalam elemen kepariwisataan Babel ini mampu mem – brandingpariwisata Babel dengan tepat, menarik, dan efektif. Sehingga benar-benar dapat memberikan gambaran yang luar biasa menarik bagi calon wisatawan baik wisatawan nusantara mau pun mancanegara.

Sejumlah narasumber yang akan memberikan materi pada kegiatan yang diselenggarakan hingga 22 April mendatang, diantaranya Agus Ismunarno yakni seorang praktisi media, Bambang Pattijaya selaku Ketua Harian BPD PHRI Babel, Gunawan Wimbawa yakni Asisten Deputi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, dan Budi Rizanto Binol dari Ogilvy & Mather Indonesia.

Sementara para peserta berjumlah 50 orang yang mengikuti kegiatan ini tidak hanya berasal dari instansi pemerintah, namun juga dari media dan stakeholders. Tidak hanya mendapatkan materi dari para pakar terkait, namun di akhir acara para peserta juga diajak untuk menyaksikan kegiatan sport tourism yakni Sungailiat Triathlon 2017 yang berlokasi di area wisata Pantai Tanjung Pesona, Sungailiat, Bangka.

 

Penulis                   : Ernawati Arif

Dokumentasi          : Ernawati Arif

 

Sumber: 

Disbudpar Prov.Babel