Meriahkan HUT Kota Manggar ke-147, Batik Beltim Diperagakan di Atas Catwalk

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Pangkalpinang – Batik khas Belitung Timur akan diperagakan di atas panggung catwalk dalam acara Batik Beltim Fashion Show, 9 Oktober 2018, di Dermaga Kirana, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur (Disbudpar Beltim), Evi Nardi saat diwawancarai terkait perayaan HUT Kota Manggar ke-147 tahun, melalui sambungan telepon, Selasa (14/8).

Evi mengatakan bahwa event Batik Beltim Fashion Show merupakan salah satu upaya mengangkat kearifan lokal sekaligus salah satu produk ekonomi kreatif Belitung Timur.

“Batik Beltim Fashion Show ini adalah salah satu bagian dari Beltim Fashion Carnaval yang mengangkat kearifan lokal Belitung Timur. Selain itu, batik ini juga salah satu produk ekonomi kreatif yang mendukung kepariwisataan Belitung Timur dan harus kita promosikan,” katanya.

Pada “Batik Beltim Fashion Show”, para peserta akan menampilkan berbagai desain busana yang dibuat dari batik khas Belitung Timur di atas panggung catwalk, layaknya model. Dari event ini pula akan dipilih Putra-Putri Batik dengan kategori Umum, Pelajar, dan Anak-anak yang akan memperebutkan total hadiah senilai 40 juta rupiah.

Menurut Peranciscus Aryanto, Kepala Seksi Kelembagaan Kepariwisataan Disbudpar Beltim bahwa “Batik Beltim Fashion Show” tidak hanya menjadi hiburan bagi masyarakat tetapi juga memberikan edukasi terkait kearifan lokal.

“Acara seperti ini pastinya menjadi hiburan bagi masyarakat kita. Namun hal yang terpenting lainnya, kita juga mengedukasi masyarakat bahwa batik yang merupakan salah satu komoditas pendukung kepariwisataan juga dapat membantu perekonomian masyarakat dalam pengembangannya,” kata Peran.

Disamping itu, pertunjukan atau peragaan busana batik akan diminati oleh wisatawan, terutama wisatawan mancanegara.

“Batik Beltim Fashion Show ini dapat menjadi suatu daya tarik bagi wisatawan, terutama bagi wisatawan asing, karena mereka sangat menyukai batik. Ini lah kesempatan kita untuk mempromosikan batik Belitung Timur,” katanya.

Terkait persiapan acara, Evi kembali mengatakan bahwa dirinya berencana untuk melakukan koordinasi dengan pihak terkait lainnya.

“Kita harus mempersiapkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, agar essensi kegiatan ini dapat sampai kepada masyarakat. Untuk menyukseskannya, kita juga berencana berkoordinasi dengan Disbudpar Provinsi dan stakeholders atau para pelaku pariwisata yang ada di Belitung Timur” kata Evi.

Bagi masyarakat yang berminat untuk mengikuti “Batik Beltim Fashion Show”, dapat menghubungi 2 nara hubung, yakni Peran (087797663688) dan Nanda (081809415778).

 

Penulis   : Ernawati Arif (Prahum Disbudpar Babel)

Sumber  : Disbudpar Belitung Timur

Foto        : Hardinata