Tingkatkan SDM Pariwisata, Disbudpar Gelar Workshop Fotograpy dan Videograpy.

avatar Imelda
Imelda

PANGKALPINANG. Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia Pariwisata,Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus berkomitmen meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pariwisata, salah satunya melalui Workshop Videography dan Fotography bagi 70 orang peserta dari masyarakat, komunitas dan pelaku ekonomi kreatif dari 7 kabupaten /kota di Babel.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Disbudpar,  Rivai saat membuka Kegiatan Workshop Videography dan Fotography hari ini (26/9) di Hotel Grand Vella, Pangkalpinang. 

“Menyongsong era industri 4.0. Tidak dapat dipungkiri bahwa semua aspek termasuk pariwisata kini telah bergeser ke arah digital. Kemampuan digitalisasi yang dimiliki peserta diharapkan dapat mengangkat pariwisata Babel baik nasional maupun internasional” kata Rivai

Selanjutnya beliau juga menuturkan bahwa ini merupakan salah satu sinergi pemerintah dengan masyarakat. Menurutnya apabila pemerintah bekerja sendiri dengan tahapan-tahapan percepatan promosi pariwisata, membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, kita menggandeng masyarakat, komunitas maupun pelaku ekonomi kreatif untuk bersama-sama melakukan tahapan-tahapan tersebut. 

“ Kolaborasi sangat diperlukan dalam menghadapi era baru di sektor pariwisata. Perubahan perilaku wisatawan menuntut kecepatan informasi dan hal ini dapat diperoleh melalui informasi digital. Perubahan perilaku tersebut harus diimbangi dengan kemampuan SDM pariwisata. Untuk itu kami (Disbudpar) mendukung segala bentuk kegiatan guna meningkatkan SDM pariwisata di Babel” ujarnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kasi Ekonomi Kreatif Rita Merlin.  Menurutnya, pariwisata merupakan salah satu penggerak ekonomi bagi daerah khususnya Bangka Belitung. Karenanya beliau berharap kegiatan ini dapat menciptakan pelaku-pelaku ekonomi kreatif untuk berpartisipasi aktif dalam mengembangkan pariwisata. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta di bidang fotograpy maupun vidiograpy pariwisata di Babel. Kemudian kita juga ingin agar komunitas ini dapat memanfaatkan keahliannya untuk menjadi pelaku ekonomi kreatif. Tentu saja sasaran akhirnya dapat mempromosikan pariwisata Babel melalui konten-konten kreatif digital” ujar Rita.

Narasumber pada kegiatan ini adalah  Photograpy Creative Arts , Dewi Sartika Bukit  dan seorang Cinematographer, Chairil