Geosite Bukit Peramun Wakili Kep. Babel Dalam Literasi Digital Nasional

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

 

VISITBANGKABELITUNG.COM, JAKARTA - Adie Darmawan (Adong) Ketua Komunitas Arsel dan Ketua Pengelola Geosite Bukit Peramun, Geopark Belitong, perwakilan dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi salah satu nara sumber dalam program Literasi Digital Nasional “Indonesia Makin Cakap Digital” di Hall Basket Senayan dan Ballroom Hotel Fairmont, Jakarta, Kamis (20/05/2021).

Adong sebagai salah satu Local Champion Digital Indonesia menyampaikan tema “Inovasi Teknologi Digital untuk Geopark Berdaya Saing” mengungkapkan bahwa, “Aplikasi yang kita buat berupa social tools dan interactive tools yang bertujuan agar kamu muda mengenal pohon dan hutan, setelah kenal maka akan timbul rasa sayang untuk melindungi dan melestarikan hutan. Terlebih lagi Bukit Peramun sekarang menjadi salah satu geosite Geopark Belitong yang tentunya aplikasi yang kita ciptakan mempunyai peranan yang sangat penting”.

“Bukit Peramun merupakan kawasan hutan yang banyak memiliki tanaman herbal dan sudah sejak lama dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Asal kata Peramun dari ‘Ramuan’ yang mengindikasikan pemanfaatan hutan bagi kesehatan dan saat ini pendekatan pengelolaan kawasan Bukit Peramun melalui sektor pariwisata” imbuh Adong.

Local Champion Digital Indonesia adalah rangkaian program Literasi Digital Nasional Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memilih dan mendukung para inovator digital terbaik se-Indonesia yang telah telah melakukan aksi untuk memberikan manfaat kepada lingkungan dan masyarakat sekitar.

Pada tahun 2021, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menjelaskan Program LDN berlangsung dengan 20.000 pelatihan di seluruh Indonesia. Menurutnya, target literasi digital sesuai dengan modul dan kurikulum yang menyasar empat pilar literasi digital, yaitu Digital Ethics, Digital Safety, Digital Skills, dan Digital Culture.  “Ke depan nantinya, setiap tahunnya program ini akan menjangkau lebih dari 12,4 juta partisipan pelatihan di 514 kabupaten/kota di 34 provinsi Indonesia,” jelasnya.

Menteri Johnny menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah berkenan hadir secara digital dalam Peluncuran Program LDN “Indonesia Makin Cakap Digital”.  “Program ini merupakan tindak lanjut dari arahan Bapak Presiden mengenai Percepatan Transformasi Digital Nasional khususnya terkait pengembangan sumber daya manusia (SDM) digital,” tandasnya. 

Program Literasi Digital Nasional bertujuan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap pemanfaatan teknologi digital serta mengembangkan dan meningkatkan keterampilan masyarakat Indonesia di dunia digital. (GP)